Rabu, 23 Februari 2011

SEKILAS PANDANG LEMBAGA PENDIDIKAN IBNU RUSLI

Lembaga Pendidikan Ibnu Rusli  adalah suatu lembaga yang didirikan oleh anak cucu dari Bpk Rusli Malin Panduko. Beliau adalah seorang petani di pagi dan siang hari, kemudian guru ngaji Al-Qur’an pada petang dan malam hari. Beliau telah mulai mengajar mengaji semenjak berusia muda. Beliau menikah dengan seorang wanita yang tak pandai tulis baca latin, namun Alhamdulillah pandai membaca Al-Qur’an. Mereka berdua pun bekerja sama mengajar anak-anak desa membaca Al-Qur’an dan tata cara sholat. Kegiatan ini telah mereka lakukan semenjak tahun 1969. Pak Malin, begitu panggilan akrab warga desa kepada beliau, adalah guru ngaji yang tak kenal lelah. Ketika sakit pun dalam keadaan terbaring, beliau tetap menyimak bacaan murid-muridnya. Beliau akan menegur murid-murid ketika salah dalam membaca Al-Qur’an walaupun beliau tidak melihat Al-Qur’an. Puluhan tahun beliau mengajarkan Al-Qur’an walau di dalam gubuk beratapkan rumput hilalang, dengan dinding sasak(dinding sasak; dinding yang terbuat dari bamboo).


Pada bulan Oktober 1993 Sang Guru kembali menghadap Rabbul ‘alamin dalam pelukan teman setianya yang sekian lama bersama-sama mengajarkan Al-Qur’an. Beliau meninggalkan 13 orang anak, yang sebahagian besarnya sekarang telah menikah dan beberapa orang masih kulian dan sekolah. Cemooh dan ocehan selalu saja datang dari beberapa orang. Mereka katakan Suami-Isteri ini ibarat kucing, yaitu “sebentar-sebentar beranak”

Ketika anak-anak beliau telah beranjak dewasa, anak-anak pun ingin berbuat baik kepada sang ibu, maka dibangunlah sebuah rumah dengan ukuran 9m x 7m. Tapi anak-anak banyak yang sudah menikah dan kuliah ke Jakarta, maka orang tua ini pun kesepian. Akhirnya timbullah ide, Yaitu: “Kita ramaikan kembali rumah ini dengan alunan bacaan Al-Qur’an; belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Alhamdulillah pada awal Januari telah di mulai kembali pengajian Al-Qur’an dengan jumlah murid 30 orang. Murid belajar tanpa di pungut biaya.

Pada tanggal 24 Januari 2011 perdirilah secara resmi LEMBAGA PENDIDIKAN IBNU RUSLI,  di hadapan Notaris Hj, Eldani, SH dengan akta nomor 43.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar