Kamis, 18 Agustus 2011

IMAM IBNUL JAUZI AL BAGHDADY (IMAM AHLUSSUNNAH WAL JAMAA'AH)

oleh Zul Asri Rusli pada 14 Agustus 2011 jam 11:57
Beliau adalah Abdul Rahman bin Ali bin Muhammad Al Jauzy Al Qurasyi Al Baghdady kunyah beliau adalah Abul Faraj. Beliau lahir pada tahun 1114 M / 508 H di Baghdad Iraq.Beliau adalah seorang 'Aalim terkemuka di zamannya, beliau telah mengumpulkan sebanyak 300 karangan dan telah menulis dengan tangnnya sendiri 200 jilid kitab.

Beliau di lahirkan dalam sebuah keluarga pedagang, setelah beranjak remaja Beliau  dibawa oleh bibinya ke masjid Muhammad bin Naashir Al hafizh dan Beliau belajar Hadits di sana, kemudian belajar lughoh kepada abu Manshur Al Juwaalaiqy, dan Beliau telah menjadi 'Aalim (ulama) pada usia 20 tahun atau kurang dari itu. Hadir dalam majlis beliau para khalifah, raja-raja, para menteri, para ulama dan fuqaraa', paling sedikit hadir dalam majelisnya 10.000 orang. Beliau meninggal pada tahun 1201 M / 597 H. diantara kitab beliau yang telah terbit adalah:
1. Mukhtashor assiyaar wal akhbaar
2. Manaaqib Umar ibnu Abdil Aziiz
3.Ruuhul Arwaah
4.Almudhisy fil mawaa'zh wa gharaaibil akhbaar
5.Attahqiiq Fii Ahaadiitsil khilaaf
6. TALBIIS IBLIIS
7.dll
______________________

Dalam kitab Beliau - Talbiis Ibliis-, Beliau menegaskan betapa pentingnya perpegang teguh dengan Sunnah Rasulullah -Shallaahu 'alaihi wa Sallam- dan betapa tercelanya bid'ah dan ahli bid'ah.
Beliau menurunkan riwayat dari Imam Sufyaan Atstsaury: "Pekataan tidak akan diterima oleh Allah kecuali apabila diamalkan, perkataan dan amalan tidak akan benar apabila tidak dilandasi dengan niat, dan tidak akan benar perkataan, perbuatan dan niat apa bila tidak sesuai dengan SUNNAH. (Talbiis Ibliis hal.16).

Beliau juga menuliskan riwayat dari Yunus bin Abdil A'laa:"aku mendengar Asy-Syaafi'i berkata: Jika aku melihat seorang ahli hadits, maka seakan-akan aku melihat salah seorang dari sahabat-sahabat Rasulullah"

Dalam hal tercelanya bid'ah beliau menuliskan Hadits:   من احدث في امرنا هذا ما ليس منه فهو رد            
(barangsiapa yang membuat-buat ajaran/amalan baru dalam agama ini, maka ajaran/amalan itu ditolak)
(Talbiis Ibliis; hal 19). kemudian Beliau menuliskan riwayat tentang suatu kejadian di masa sahabat Abdullah ibnu Mas'ud: "seseorang mengadu kepada Ibnu Mas'ud tentang sekelompok orang berkumpul-kumpul di Masjid setelah solat maghrib, lalu ada seorang yang memimpin dengan mengatakan: Bertakbirlah...! maka hadirin pun bertakbir, pujilah Allah...! mereka pun mengucapkan puji-pujian, dst. (artinya ZIKIR BERSAMA). Berkata Ibnu Mas'ud: nanti kalau saudara lihat lagi, beri tahu aku! maka seorang tadi kembali melihat ramai orang zikir bersama di masjid, maka datanglah Ibnu Mas'ud dalam keadaan marah: "saya adalah Abdullah ibnu Mas'ud, demi Allah yang tiada ilah melainkan hanya Dia, sunggung kalian telah melakukan BID'AH  BESAR, sungguh kalian telah meremehkan ilmu para Sahabat Rasulullah, apakah kalian lebih mengetahui di banding sahabat-sahabat Rasulullah? maka berkatalah 'Amru ibnu Utaibah: "astaghfirullah" , berkata lagi Ibnu Mas'ud: "kalian wajib mengikuti Sunnah, jangan melenceng ke kanan dan ke kiri, sebab kalian akan tersesat sejauh-jauhnya!
SUBHAANALLAAH...! alangkah sombongnya kita hari ini, malas menghadiri majlis ilmu, suka meremehkan ulama, merasa paling benar dengan bid'ahnya....!

Ikhwan dan akhwat, mari kita hayati beberapa ungkapan di bawah ini:
1. 900 tahu yang lalu, di zaman ulama besar ini, apakah ada internet, HP, komputer, motor, mobil, pesawt terbang ? yang hadir dalam kajian paling sedikit 10.000 orang.
2. 900 tahun yang lalu ulama besar ini tegas terhadap bid'ah dan tegar di atas sunnah, kenapa kalau hari ini kita bicara sunnah dan memberantas bid'ah, dituduh macam-macam?
3. Yang menegakkan sunnah dibilang wahabi mujassim pengikut yahudi, yang mengamalkan bid'ah meyakini pengikut Rasulullah, terbalik, 160 derjat.
4. Ketahuilah itulah yang dinamakan TALBIIS ( kebatilan dianggab alhaq, dan alhaq dianggap batil)

semoga bermanfaat, Rahimahullaah Imam Ibnul Jauzi atas segala yang telah Beliau sumbangkan untuk Islam dan kaum muslimin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar